AMIDA JABAR SUKSES GELAR RAPAT KONSOLIDASI PERDANA DI MUSEUM SRI BADUGA

rapat-amida-jabar

Sesi Rapat Amida Jabar di Museum Sri Baduga, Selasa, 11 Juni 2013 (Foto: Infokom Amida Jabar)

BANDUNG, AMIDA JABAR – Asosiasi Museum Indonesia Daerah Jawa Barat (Amida Jabar) menggelar rapat perdana pada hari Selasa, 11/06/2013 di Museum Sri Baduga. Rapat yang dipimpin oleh Ketua Amida Jabar Periode 2013-2018, Thomas Ardian Siregar (Kepala Museum KAA) membahas susunan pengurus organisasi dan Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Amida Jabar.

“Untuk menopang tugasnya sebagai wadah seluruh museum di Jawa Barat, Amida Jabar memiliki empat bidang utama dan empat wilayah koordinasi”, kata Thomas Ardian Siregar Selasa siang, 11/06/2013 di Museum Sri Baduga Bandung.

Empat bidang tersebut adalah Bidang Program, Penelitian dan Pengembangan, Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Bidang Organisasi dan Keanggotaan, dan Bidang Informasi dan Komunikasi, tambah Thomas.

Mengingat luasnya wilayah cakupan tanggung jawab Amida Jabar, Thomas menguraikan strategi pengelolaan Amida Jabar yang berbasis pada empat wilayah utama.

Menurut Thomas, Wilayah I mencakup Bogor, Cianjur, Sukabumi, dan Depok. Sedangkan, Wilayah II meliputi Purwakarta, Subang, Karawang, Bekasi. Lalu, Cirebon, Kuningan, Majalengka dan Kabupaten Indramayu berada di Wilayah III. Serta, Wilayah IV yang mencakup Bandung, Cimahi, Garut, Ciamis, Tasikmalaya, Banjar, dan Pangandaran.

Sekjen Amida Jabar, Sanga Priagana (Kepala Museum Barli) dalam sesi pembahasan AD/ART Amida Jabar mengulas tentang kemandirian museum yang menuntut kreatifitas dan kerja keras dari seluruh pengelola museum. Ia membagikan pengalaman Museum Barli yang kini telah berhasil membina sekira tiga puluh komunitas dalam Sahabat Museum Barli.

Eskistensi museum akan terbangun sendirinya melalui kreatifitas yang bernas. Unsur kekinian yang merefleksikan nilai masa lalu harus hadir pada program museum. Tujuannya adalah tentu saja agar museum menjadi menarik bagi masyarakat, khususnya generasi muda, tambah Sanga.

Amida Jabar mengedepankan visi organisasi untuk memberdayakan museum bagi kepentingan manusia, alam, dan lingkungan.

Di sela-sela pembahasan AD/ART, Kepala Balai Pengelolaan Museum Sri Baduga Ani Ismarini menyampaikan pentingnya peran strategis Amida Jabar. Menurutnya, Amida Jabar punya peran strategis.

“Kehadiran Amida Jabar dapat menjadi peluang kerja sama alternatif antar museum yang lebih luwes”, pungkas Ani. (dsa/amida-jabar)

Share