DISKUSI FILM UP IN THE AIR (2009): “HIDUP ADALAH SEBUAH PILIHAN”

IMG_6887

Suasana Pemutaran dan Diskusi Film “Up in the Air”, Selasa, 03/09/2013 di Museum KAA. (Foto: @_RaditioJefri_)

BANDUNG, BIOSCOOP CONCORDIA – Up in the Air (2009) menjadi film pertama di bulan September 2013 yang diputar di Bioscoop Concordia – Museum KAA. Bekerja sama dengan Komunitas Film LayarKita, Pemutaran dan Diskusi Film Up in the Air (2009) digelar di Ruang Audiovisual Museum KAA, Selasa, 03/09/2013, Pkl. 13.00-17.00WIB.

Up in the Air (2009) bercerita tentang kehidupan Ryan Bingham yang bekerja di Careeer Transitions Corperation (CTC). Tugas Ryan adalah mewakili setiap perusahaan yang akan memecat karyawannya. Selain itu, ia juga ternyata seorang motivator. Slogannya yang terkenal “What’s In Your Backpack?” mendorongnya selalu berbicara tentang individualitas dalam hidup.

Selama 90 menit, Up in the Air (2009) menyuguhkan makna kehidupan kepada penonton. Ryan Bingham (George Clooney) menjalani kehidupannya sebagai seorang individualis. Ia membatasi diri dalam pergaulan hanya dengan orang-orang terdekatnya.

Moderator diskusi, Lucky Ramadhan, dalam pengantar diskusinya, menuturkan bahwa George Clooney dipercaya untuk memerankan sosok Ryan Bingham karena dirasa paling cocok.

Lucky juga menambahkan bahwa film ini mengangkat isu resesi ekonomi di Amerika Serikat sebagai latar belakang.

“Saat itu banyak perusahaan yang bangkrut. Akibatnya, terjadi banyak pemecatan. Di tahun 2001, sebuah buku berjudul serupa pernah juga terbit,” ujarnya.

Dalam sesi diskusi, Azhari, seorang pegiat kajian film memuji George Clooney yang memerankan peran Ryan dengan sangat apik.

“Setting Amerika Serikat yang sedang mengalami masa sulit pasca krisis ekonomi membuat film ini terasa sangat aktual,” imbuhnya.

Sedangkan, Herman yang rajin hadir selama ini di Bioscoop Concordia turut pula menimpali. “Menarik sekali. Ternyata, ada ya pekerjaan yang tak terbayangkan, yaitu memecat orang,” ujarnya dengan rasa heran.

Namun, Tobing, Jr., Koordinator Komunitas Film LayarKita punya sudut pandang lain. Menurutnya, film ini mengajarkan kepada kita bahwa hidup adalah sebuah pilihan dengan segala konsekuensinya.

“Ini terlihat pada diri Ryan Bingham. Utamanya, saat ia harus memilih hidup yang sibuk dan siap menanggung segala konsekuensinya,” ujar Tobing di penghujung diskusi.

Bioscoop Concordia selama September 2013 akan kembali hadir. Usai Up in the Air (2009), LayarKita telah mempersiapkan beberapa film menarik, di antaranya Windstruck (Selasa, 10/09/2013), Pattern (17/09/2013), dan What Eating Gilbert Grappe (Selasa, 24/09/2013). (smkaa/humas/jefri)

Share