Drama Reka Ulang Perang Kemerdekaan Digelar di Museum KAA

Drama Reka Ulang Perang Kemerdekaan Digelar di Museum KAA

Museum Konferensi Asia Afrika bersama Sahabat Museum Konfrensi Asia Afrika (SMKAA) menggelar Night At The Museum, sebuah reka ulang perang kemerdekaan Indonesia di Museum Konferensi Asia Afrika, Sabtu (19/8/2017).

Sabtu, 19 Agustus 2017 20:50

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Rezeqi Hardam Saputro

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Museum Konferensi Asia Afrika bersama Sahabat Museum Konfrensi Asia Afrika (SMKAA) menggelar “Night At The Museum”, sebuah reka ulang perang kemerdekaan Indonesia, Sabtu (19/8/2017).

Acara ini juga bekerja sama dengan Komunitas Historia van Bandoeng yang akan memerankan langsung drama teatrikal perang kemerdekaan.

Historia van Bandoeng sendiri merupakan komunitas yang mengenalkan sejarah dengan melakukan sebuah reka ulang pristiwa sesuai dengan kejadian aslinya.

Pantauan Tribun Jabar mendapatkan puluhan karakater menyerupai tentara.

Karakter-karakter tersebut menggunakan properti peperangan mulai dari senjata, pakaian dan properti lainnya yang dibuat semirip mungkin dengan yang aslinya.

Selain tentara, terapat juga karakter-karakter yang menyerupai orang pribumi pada jaman penjajahan.

Terlihat karakter-karakter yang menyerupai orang-orang pribumi tersebut mengenakan samping, baju batik, ikat kepala, dan membawa bakul.

Reka ulang perang kemerdekaan Indonesia dimulai dengan menonton sebuah film dokumenter tentang Presiden Soekarno ketika sedang berpidato memperkenalkan Indonesia di mata dunia.

Usai menonton film dokumenter, drama reka ulang mulai diperankan oleh puluhan karakter yang menceritakan perjuangan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda, Jepang, dan akhirnya proklamasi kemerdekaan.

Terdengar terikan-terikan “Merdeka” dari arah pengunjung saat reka ulang perang kemerdekaan Indonesia berlangsung.

Usai pagelaran drama reka ulang perjuangan kemerdekaan Indonesia, ratusan pengunjung yang datang dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengelilingi Museum KAA..

Acara ini sendiri dihadiri sekira 200 pengunjung yang sebagian besar merupakan anak muda.

“Sudah saya rencanain sejak lama ingin nonton teatrikal ini,” ujar Adi, pengunjung acara “Night at The Museum” kepada wartawan Tribun Jabar. (*)

Link berita: http://jabar.tribunnews.com/2017/08/19/drama-reka-ulang-perang-kemerdekaan-digelar-di-museum-kaa?page=2

Sumber Berita: Tribun Jabar