Book Review

image

Judul Buku : A History of the Arabian Peninsula

Editor : Fahd al-Semmari

Penerjemah : Salma K. Jayyusi

Penerbit : I.B. Tauris

Tahun Terbit : 2010

Tebal Buku : 321 Halaman

Buku yang berjudul A History of the Arabian Peninsula merupakan sebuah buku yang berisi kumpulan artikel, jurnal dan studi penelitian terkait dengan sejarah dan perkembangan yang terjadi di sekitar daerah jazirah Arab. Jazirah Arab sebagai daerah tempat ajaran agama Islam dimulai dan berkembang memang banyak dikaji dan diteliti baik secara sejarah maupun perkembangannya hingga kini. Di dalam buku ini studi-studi dari penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Arab seputar peradaban di jazirah Arab disajikan secara terperinci dan menarik.

Sejarah dan perkembangan di dalam peradaban di sekitar jazirah Arab dibahas secara mendalam. Melalui kumpulan studi dan jurnal pembaca akan dibawa melihat sejarah negri Arab dimulai dari asal usul Bani Hanifa dan perkembangannya sebelum dan sesudah datangnya islam, periode kekhalifahan Bani Ummayah di daerah Arab, perkembangan Najd dari abad ke-16 sampai 18 Masehi, penyebaran dan da’wah yang dilakukan oleh Sheikh Muhammad bin Abdul al Wahabb, dan perkembangan Riyadh serta penyatuan Arab di bawah kepemimpinan Raja Abdul Aziz di abad ke-20 Masehi.

Buku ini juga menjelaskan tentang perkembangan arsitektur di daerah Arab, industri dan juga kerajinan masyrakatnya serta tempat-tempat penting dan bersejarah. Hal lain yang jarang disinggung seperti peran revolusi di Russia di Hijaz serta surat-surat pribadi yang ditulis oleh Sheikh Muhammad bin Abdul al Wahabb dibahas secara ringkas dan jelas di dalam buku ini.

Fahd al-Semmari sebagai editor dari buku ini berharap dengan adanya buku ini dapat memicu penelitian lebih lanjut dan juga dengan di terjemahkannya buku ini oleh Salma K. Jayyusi diharapkan buku ini bisa diakses oleh banyak pihak dan bermanfaat bagi khalayak umum.

Dengan variasi dan penjelasan yang mendalam, buku A History of the Arabian Peninsula bisa menjadi panduan bagi peneliti dan pembelajar untuk mengetahui lebih lanjut tentang daerah di sekitar semenanjung Arab.