Dalam Satu Tahun Terakhir, Dubes Ethiopia Telah Dua Kali Menyambangi Museum KAA

visit

Kepala Museum KAA Dahlia Kusuma Dewi berforo bersama Duta Besar Ethiopia Yang Mulia Prof. Dr. Admasu Tsegaye Agidew di Ruang Utama Gedung Merdeka, Jumat, (5/3/2021). (Sumber: Dok. MKAA)

BANDUNG, MUSEUM KAA — Duta Besar Ethiopia Yang Mulia Prof. Dr. Admasu Tsegaye Agidew bertemu Kepala Museum KAA Dahlia Kusuma Dewi di Museum KAA, Jumat, 5/3/2021.

Kunjungan Duta Besar Ethiopia itu merupakan kali kedua dalam satu tahun terakhir setelah sebelumnya sempat berkunjung ke Museum KAA pada Selasa,18/2/2020.

Dalam kunjungan kali ini, dua staf diplomat turut hadir berkunjung bersamanya. Menurutnya, kunjungan kedua kali itu dalam kesempatan kunjungan kerja di Kota Bandung.

Meski bukan kali pertama berkunjung, koleksi Museum KAA tetap menarik bagi Duta Besar Ethiopia ini. Buktinya, ia masih sangat antusias melihat-lihat koleksi sejarah KAA di Ruang Pameran Tetap Museum KAA.

Tak hanya itu, ia juga bahkan menunjukan satu foto delegasi Ethiopia di KAA yang terpampang pada media peraga. Foto itu ia kisahkan kepada kedua staf diplomatnya. Dalam kisah itu, ia menuturkan peranan delegasi itu terkait peristiwa KAA di masa silam.

Di penghujung kunjungannya, ia berkesempatan untuk melihat suasana Ruang Utama Gedung Merdeka dari spot terbaik di sisi balkon.

Alhasil, ia terkesima seraya berkata, “Saya sangat senang bisa mengunjungi Museum Konperensi Asia-Afrika untuk kedua kalinya. Semangat Bandung masih menggema di dalam hati setiap rakyat Afrika dan pesan dari sejarah KAA penting untuk disampaikan kepada generasi muda.”

Semasa KAA, Ethiopia merupakan satu di antara enam negara asal kawasan Afrika yang memenuhi undangan Pemerintah Indonesia untuk menghadiri perhelatan KAA. Selain Ethiopia, terdapat lima negara asal Afrika lainnya, seperti Gold Coast, Libya, Liberia, Mesir, dan Sudan.

Kala itu, pemerintah Ethiopia memutuskan untuk mengutus Yilam Deressa sebagai Ketua Delegasi Ethipoia di KAA. Ia tak sendiri datang dari Ethiopia. Bersamanya terdapat lima anggota delegasi.

Sekretariat Bersama KAA yang mengelola kedatangan delegasi KAA mencatat dalam buku Collected Document of the Asian-African Conference lima nama delegasi asal Ethiopia. Mereka adalah Blatta Dawit Ogbazzy, Gabre Heywoit Zwade, Endalkachew Makonnen, Mikael Imru, dan Ketema Yifru.

Sumber: Museum KAA

Share