Dubes India Kenal Angklung Pertama Kali di Museum KAA

WhatsApp Image 2021-02-06 at 23.28.11 (1)

Dubes India H.E. Mr. Manoj Kumar Bharti mengunjungi Museum KAA pada Sabtu, (6/2/2021). Kepala Museum KAA Dahlia Kusuma Dewi menerima dan mendampingi langsung kunjungan itu. (Sumber Foto: Dok. Museum KAA)

Bandung, Museum KAA – Duta Besar India untuk Indonesia H.E. Mr. Manoj Kumar Bharti, saat kunjungannya ke Museum KAA pada Sabtu, 6 Februari 2021, tertarik dengan permainan angklung yang menjadi menu utama hiburan pada malam resepsi untuk para delegasi Konferensi Asia-Afrika 66 tahun silam. Pasalnya, merupakan kali pertama beliau mengenal alat musik Indonesia terbuat dari bambu itu.

“Ini adalah hal baru untuk saya dan tertarik bagaimana cara memainkannya,” ungkap Dubes Manoj Kumar Bharti setelah melihat dengan saksama salah satu panel Museum KAA yang menampilkan foto tamu negara bermain angklung.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Museum KAA Dahlia Kusuma Dewi mengajak Beliau untuk menyaksikan langsung permainan angklung di Galeri 1 Museum KAA. Beliau terpana melihat pertunjukan angklung dari Klab Guriang – SMKAA yang memainkan lagu Heal The World – Michael Jackson.

WhatsApp Image 2021-02-06 at 23.28.13 (2)

Dubes India H.E. Mr. Manoj Kumar Bharti turut bermain angklung bersama Klab Guriang – SMKAA. (Sumber Foto: Dok. Museum KAA)

Usai menyaksikan pertunjukan, Dubes Manoj antusias turut memainkan dan dipandu oleh Koordinator Klab Guriang yang mengenalkan tangga nada diatonik angklung. Beliau begitu terkesan bisa memainkan angklung, dan juga sempat mengenalkan Sa Re Ga Ma Pa Dha Ni, tujuh nada dasar yang umum digunakan dalam musik-musik India kepada para anggota SMKAA itu.

Ternyata tidak hanya permainan angklung yang memiliki kesan tersendiri, tetapi juga kehadiran Indira Gandhi. Dubes India yang didampingi oleh istri dan putra tersebut terkagum saat melihat tanda tangan Indira Gandhi di Koleksi Tanda Tangan Delegasi KAA 1955 pada salah satu sudut Museum KAA. Koleksi itu meniscayakan keikutsertaan Indira Gandhi pada Konferensi Bandung.

Sebelumnya, edukator Museum KAA, Ginanjar Legiansyah menyampaikan bahwa kehadiran Indira Gandhi kala itu bertugas menjadi sekretaris untuk ayahnya, Perdana Menteri Jawaharlal Nehru. Cerdas, cantik, dan menarik dibalut pakaian tradisional India menjadikan Indira Gandhi primadona yang membuat siapa pun ingin berada dekatnya.

WhatsApp Image 2021-02-06 at 23.28.13

Dubes India H.E. Mr. Manoj Kumar Bharti menuliskan kesannya di buku tamu Museum KAA. (Sumber Foto: Dok. Museum KAA)

Kepala Museum KAA Dahlia Kusuma Dewi mengungkapkan, tak terasa selama satu jam Dubes India dan Keluarga berkunjung. Tentunya mereka merasa senang selama berada di Museum KAA. Sebelum berpamitan, tak lupa Dubes Manoj Kumar Bharti membubuhkan kesan mendalamnya di buku tamu Museum KAA yang berbunyi, “suatu kehormatan bisa berada di gedung bersejarah ini yang mampu melahirkan Gerakan Non-Blok, dan bangsa Asia-Afrika yang merdeka dari belenggu penjajahan mendapatkan harapan baru dari adanya Konferensi Asia-Afrika 1955.”.

Sumber: Museum KAA