Miliki Koleksi Belasan Ribu Buku, Perpustakaan Museum KAA Siap Dijamah

IMG-20190723-WA0009Pengunjung anak-anak tengah asik membaca di Perpustakaan Museum KAA, Selasa (23/7/2019). (Foto: Wulan)

BANDUNG, MUSEUM KAAJejeran buku tertata rapih menanti untuk dijamah. Tidak ada yang berdebu karena semua buku selalu dalam keadaan terurus. Tata letak dan susunanya memudahkan pengunjung untuk mencari buku yang dibutuhkan dengan bantuan petugas perpustakaan.

Lampu yang menerangi dengan pendingin ruang yang menyala menambah suasana sejuk dan sunyi. Ruangnya memang tak begitu besar namun koleksinya cukup untuk memenuhi otak kiri sahabat literasi.

Itulah sedikit gambaran Perpustakaan Museum KAA yang tak pernah sepi oleh sahabat literasi. Mereka duduk bersila, sambil kedua tangan membolak-balikan kertas dengan sorot mata yang tak lepas dari halaman-halaman buku yang dipegang, asik dan tenggelam dalam suasana sunyi nan sejuk karena perpustakaan Museum KAA difasilitasi pendingin ruang, meja kursi mini, dan bantal-bantal untuk menambah kenyamanan pengunjung.

Sejak didirikan tahun 1985 oleh Kepala Perwakilan Kedutaan Besar RI di London, Inggris, Abdullah Kamil, Perpustakaan Museum KAA setiap tahunnya terus memperbaharui koleksinya. Sekarang koleksi buku Perpustakaan Museum KAA mencapai 13.000 dari sebelumnya berjumlah 8000.

Jenis buku yang ada di Perpustakaan Museum KAA umumnya tentang sosial, budaya, sejarah, politik dan dokumen Konferensi Asia Afrika. Selain itu, ada berbagai koleksi lain di antaranya koleksi buku langka, koleksi khusus, corner Korea, Esperanto, Tiongkok, dan Braille. Semuanya koleksi hasil kerja sama antara Museum KAA dan Yayasan Matahati Indonesia, Kedubes Korea, Kedubes Tiongkok, dan komunitas Esperanto Sahabat Museum KAA. Sementara itu, majalah dan surat kabar, merupakan sumbangan dan pembelian.

Perpustakaan Museum KAA buka setiap hari Senin-Kamis mulai Pkl. 08.00-16.00WIB dan Jumat mulai Pkl. 14.00-16.00WIB. Sedangkan pada akhir pekan perpustakaan ini melayani publik mulai Pkl. 09.00-16.00WIB.

Sumber: Museum KAA

Share