Peringatan 63 Tahun KAA Resmi Berakhir

112A9276Kepala Museum KAA Meinarti Fauzie pada upacara penurunan bendera negara Asia Afrika dan bendera PBB di Jalan Dr. Ir. Sukarno Bandung. (Sumber Foto: Dok. MKAA)

BANDUNG, MUSEUM KAA – Rangkaian acara Peringatan 63 Tahun KAA yang digelar selama hampir sebulan resmi berakhir. Kepala Museum KAA Meinarti Fauzie secara resmi menutup rangkaian acara itu pada Senin, 30/4/2018, Pkl. 16.00WIB di Jalan Dr. Ir. Sukarno Bandung.

Penutupan rangkaian acara Peringatan KAA itu ditandai dengan upacara penurunan bendera negara Asia Afrika dan bendera PBB oleh 400 anggota Pramuka Kwartir Cabang Kota Bandung.

Upacara penurunan diawali pasukan anggota Pramuka yang berbaris rapi di Jalan Dr. Ir, Soekarno dan bergerak menuju tiang-tiang bendera di sekeliling Museum KAA-Gedung Merdeka.Tiap-tiap tiang bendera negara Asia Afrika dan bendera PBB terdapat 3 anggota Pramuka yang bertugas melakukan penurunan bendera.

Bendera kemudian diturunkan secara serentak di tiga titik utama, yakni Jalan Dr. Ir. Sukarno, Jalan Asia Afrika, dan Jalan Braga. Setelah upacara penurunan bendera berlangsung khidmat, anggota Pramuka melipat rapi bendera.

112A9300Anggota Pramuka sedang melipat bendera negara Asia Afrika dan bendera PBB. (Sumber Foto: Dok. MKAA)

Usai upacara penurunan bendera, barisan pasukan anggota Pramuka berbaris rapi membawa 109 bendera negara Asia Afrika dan bendera PBB menuju Jalan Dr. Ir. Sukarno untuk penyimpanan bendera.

Selanjutnya, atraksi drumband Pramuka mengakhiri prosesi upacara penurunan bendera itu. Komposisi lagu mars ditampilkan sambil berparade di hadapan peserta upacara.

Di penghujung acara penurunan bendera anggota Sahabat Museum KAA M. Nasrul memimpin sesi pembacaan doa, “Semoga semua upaya mewujudkan perdamaian mendapat ridha-Mu,” ucapnya.

Usai upacara penurunan bendera, Kepala Museum KAA Meinarti Fauzie menyerahkan trofi dan hadiah kepada para pemenang acara lomba mewarnai Warna Warni Semangat Asia Afrika dan acara Bandung Historical Study Games (BHSG). Keduanya merupakan mata acara yang digelar Museum KAA dalam rangkaian Peringatan 63 Tahun KAA.

112A9358 112A9385Dari atas ke bawah: Kepala Museum KAA Meinarti Fauzie berfoto bersama pemenang acara Lomba Mewarnai dan lomba BHSG 2018. (Sumber Foto: Dok. MKAA)

Selanjutnya, para pemenang dan anggota Pramuka berpose bersama Kepala Museum KAA di Ruang Utama Gedung Merdeka.

Alhamdulilah, rangkaian acara peringatan KAA telah berakhir pada hari ini. Kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan acara ini. Semoga Peringatan KAA pada tahun ini tetap menginspirasi dan mengedukasi masyarakat tentang nilai-nilai kesetaraan, kerjasama, toleransi, dan hidup damai berdampingan,” ujar Kepala Museum KAA kepada seluruh panitia pelaksana Peringatan KAA.

112A9426Kepala Museum KAA Meinarti Fauzie berfoto bersama seluruh anggota Pramuka yang terlibat pada upacara penurunan bendera negara Asia Afrika dan bendera PBB di Ruang Utama Gedung Merdeka. (Sumber Foto: Dok. MKAA)

Sumber: Museum KAA