[Siaran Pers] 109 Bendera Negara-Negara Peserta KTT Asia dan Afrika dan 1 Bendera PBB Resmi Diturunkan

BANDUNG, MUSEUM KAA — Jumat, 30/4/2021, dimulai pukul 16:00 hingga 17:15 WIB, Museum KAA resmi menurunkan 109 Bendera Negara-Negara Peserta KTT Asia dan Afrika serta 1 Bendera PBB, setelah sebelumnya dikibarkan selama sebulan penuh sejak tanggal 1 April 2021. Pengibaran dan Penurunan bendera itu merupakan bagian tradisi Peringatan KAA di Museum KAA.

Pengibaran Bendera pada 1 April 2021 menandai dimulainya aktivitas Peringatan 66 Tahun KAA di Museum KAA. Kehadirannya di sekeliling kompleks Museum KAA – Gedung Merdeka membangkitkan kembali kolektif memori warga Bandung akan peristiwa bersejarah KAA.

Selama sebulan berkibar, tak sedikit masyarakat yang sengaja menyempatkan diri menghampiri area luar Museum KAA untuk menangkap momen langka itu melalui lensa kamera mereka.

Kini setelah sebulan berlalu, serupa pada sesi pengibaran di awal April, tim penurunan bendera yang merupakan staf internal Museum KAA kembali bertugas menurunkan bendera-bendera peserta KAA pada tanggal 30 April 2021.

Penurunan bendera dimulai dari tiang-tiang bendera di sisi barat Gedung Merdeka. Kemudian secara bertahap dilanjutkan ke sisi selatan yang menghadap Jalan Asia Afrika. Terakhir, bendera-bendera di sisi timur Museum KAA.

Usainya, seluruh bendera tersebut akan disimpan kembali di Museum KAA. Sesuai prosedur koleksi, bendera-bendera tersebut mendapat perlakuan perawatan koleksi sebelum disimpan kembali di ruang penyimpanan koleksi.

Durasi waktu pengibaran yang dibatasi hanya sebulan adalah atas pertimbangan keberlanjutan usia bendera. Bendera-bendera dimaksud merupakan aset koleksi, yang sebagian besar telah berusia lebih dari 15 (lima belas) tahun sejak dikibarkan pada KTT Asia Afrika 2005 silam.

Alhasil perawatan bendera menjadi salah satu tugas berat yang diemban Museum yang bernaung di bawah Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kemenlu itu. Pasalnya, keberlangsungan koleksi adalah kunci bagi upaya pelestarian Nilai-nilai KAA, termasuk aset koleksi bendera negara-negara peserta KAA/KTT Asia Afrika.

Sumber: Museum KAA

Share