Jelajah Malam Museum KAA

Poster NATM 2-01Poster publikasi acara Jelajah Malam Museum KAA pada hari Jumat, (10/8/2018), Pkl. 18.30-21.00WIB. (Desain: Museum KAA)

BANDUNG, MUSEUM KAA – Museum KAA akan menggelar Jelajah Museum Malam Hari pada Jumat (10/8/2018). Acara itu yang digelar dalam rangka menyambut peringatan pembacaan proklamasi pada (17/8/2018) mengangkat tema ‘Kisah Diplomasi Perjuangan’.

Kepala Museum KAA Meinarti Fauzie mengungkapkan peserta acara Jelajah Malam Museum nanti akan mendapat kesempatan langka. Pasalnya, kali ini pengunjung diizinkan melihat salah satu ruang istimewa di Gedung Merdeka, yakni Ruang VIP.

Ruang VIP adalah ruang yang menjadi bagian dari sisi barat Gedung Merdeka,” kata Meinarti Fauzie. Ia melanjutkan, setiap Kepala Negara RI pernah berkunjung ke ruang itu. Merujuk pada sebuah foto koleksi Museum KAA, ruang VIP pernah dikunjungi oleh Presiden Sukarno saat melakukan inspeksi persiapan Kota Bandung menyambut perhelatan KAA 1955.

Kini, lanjutnya, Ruang VIP kerap digunakan sebagai holding room bagi pejabat tinggi negara sebelum memasuki Ruang Utama Gedung Merdeka.

Raja Swedia Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia beserta rombongan saat mengunjungi Museum KAA pada tahun lalu (red-2017) juga sempat diterima di ruang VIP,” imbuhnya.

Menyinggung tema acara, ia menjelaskan, usai proklamasi kemerdekaan perjuangan Indonesia ternyata belum usai. Masih ada lagi yang tidak kalah penting yang masih harus diperjuangkan, yaitu pengakuan internasional atas kemerdekaan Indonesia.

Maka, ditempuhlah diplomasi perjuangan. Kisah ini yang akan kami bagikan ke pengunjung museum kami nanti,” ujarnya.

Di penghujung tur museum pengunjung akan disuguhi camilan ringan di Selasar Timur Museum KAA sambil menikmati suasana kawasan Braga yang dihiasi bangunan arsitektur kolonial.

Jelajah Malam Museum digelar oleh pengelola Museum KAA bersama Sahabat Museum KAA yang dimotori Klab Edukator Sahabat Museum KAA.

Pendaftaran Jelajah Malam Museum KAA

Kegiatan terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Demi kenyamanan berkunjung, masyarakat bebas memilih jam kunjungan, yakni 18.30WIB, 19.00WIB, 19.30WIB, 20.00WIB, 20.30WIB, dan 21.00WIB.

Masyarakat yang berminat dapat mendaftar berkelompok. Pendaftaran dikirim ke pos-el asianafrican.museum@kemlu.go.id dengan format reservasi subyek Jelajah Malam Museum dan pesan yang berisi informasi seperti; nama, nomor telepon, jam kunjungan, dan jumlah rombongan.

Sumber: Museum KAA