Kepala Museum KAA terpilih sebagai Ketua AMIDA Jabar (2013-2015)

pemilihan-ketua-ami

Suasana Musyawarah Daerah AMIDA Jabar 2013 (Foto: Thomas Siregar)

Musyawarah Daerah Asosiasi Museum Daerah Jawa Barat (AMIDA Jabar) yang diselenggarakan pada hari Rabu, 15 Mei 2013 di Lembang, Bandung secara aklamasi telah memilih Thomas Ardian Siregar (Kepala Museum KAA) sebagai Ketua AMIDA Jabar dan Sanga Priagana (Kepala Museum Barli) sebagai Sekretaris Jenderal AMIDA Jabar untuk Periode Kepengurusan 2013 – 2015.

Dalam Musyawarah AMIDA Jabar kali ini, tema “Optimalisasi Fungsi Museum Menuju Kemandirian” mengemuka dalam pembahasan dan mendapat perhatian khusus dari berbagai manajemen museum yang hadir. Para pengelola museum diharapkan mulai memproyeksikan diri pada pengelolaan program museum yang mandiri berbasis pada keterlibatan masyarakat dan kreatifitas. “Konsep Participatory Public yang telah dirintis oleh Museum KAA dalam bentuk Sahabat Museum KAA akan diterapkan pada beberapa museum di wilayah Jawa Barat,” tutur Thomas, di Bandung, Rabu (15/05/2013) petang.

Pada kesempatan peringatan Hari Museum Internasional 2013 di Museum KAA, tuntutan akan kreatifitas museum diulas secara luas oleh Sanga Priagana. Betapa besar energi kreatif di Bandung. Terutama museum-museum yang ada di sini,” ujar Sanga seperti dikutip Naluri Bella Wati dalam akun twitternya @naluriii, Sabtu, (18/05/2013).

AMIDA Jabar adalah wadah komunikasi antar museum di Jawa Barat yang merupakan bagian dari Asosiasi Museum Indonesia (AMI). AMIDA Jabar menjalankan visi AMI dalam memberdayakan museum guna kepentingan manusia, alam, dan lingkungan serta mendukung misi AMI, yaitu meningkatkan peran museum di masyarakat dan apresiasi masyarakat terhadap museum, meningkatkan profesionalisme permuseuman dan citra museum, mengakomodasi permasalahan dan memperjuangkan kepentingan permuseuman. (sppnkaa/dsa)