PEMUTARAN DAN DISKUSI FILM: “CAPOTE (2005)”

IMG_3199

Suasana diskusi film Capote (2005) di Museum KAA (Foto: @_raditiyojefri_)

BANDUNG, MUSEUM KAA – Bioscoop Concordia Sahabat Museum KAA bekerja sama dengan Museum KAA dan komunitas film LayarKita menggelar Pemutaran dan Diskusi Film CAPOTE (2005) di Ruang Audiovisual Museum KAA, Selasa, 27/08/2013, Pkl. 13.00-17.00WIB.

CAPOTE (2005) sendiri sebuah film biografi tentang Truman Capote, seorang penulis berkebangsaan Amerika Serikat. Film ini diangkat dari sebuah novel yang berjudul In Cold Blood.

Selama hampir sekira 114 menit, film ini menyuguhkan kisah persahabatan yang terjalin antara seorang penulis novel (Capote) dan seorang narapidana (Perry Smith). Kisah Capote mewawancarai sang pelaku pembunuhan tersebutlah yang nantinya diterbitkan menjadi sebuah buku.

Usai pemutaran film, menyusul sebuah diskusi interaktif yang hangat dan mendalam. Dipandu Lucky Ramadhan, sejumlah perspektif menarik muncul dari audiens. Dalam pengantar diskusi, Lucky mengafirmasi prestasi yang dicapai oleh film CAPOTE (2005).

”Philip Seymour Hoffman begitu melebur dalam perannya. Tak ayal, Best Leading Actor mengganjarnya diajang Academy Award pada tahun 2006,” ujar Lucky sambil tersenyum sumringah.

Jefri, seorang penonton yang jauh-jauh datang dari Cimahi Bandung tertarik mengulas sisi emosional dalam film itu.

”Yang paling menarik adalah saat Pery Smith mengakui perbuatannya. Terus terang, ini sangat emosional bagi Capote sendiri dan inspiratif,” tambah Jefry.

Sikap Pery Smith yang jantan mengakui kekhilafannya dalam jalinan kisah film ini seakan mengingatkan kita pada mahalnya kejujuran dalam masyarakat saat ini.

Tanpa disadari film CAPOTE (2005) menampilkan sisi-sisi kehidupan yang nyaris luput dari perhatian kita di tengah derasnya tuntutan dan ancaman kapitalisme global yang makin mendera halaman belakang rumah kita. (smkaa/humas/jefri)

Share