PERINGATAN HARI MUSEUM INTERNASIONAL TAHUN 2013

PRESS RELEASE

Pada Acara

PERINGATAN HARI MUSEUM INTERNASIONAL”

di Museum Konperensi Asia-Afrika

Dalam rangka merayakan Hari Museum Internasional, Museum KAA akan gelar serangkaian acara publik yang dikemas dalam program Night at the Museum KAA pada hari Sabtu, 18 Mei 2013, mulai pukul 19.00 – 21.00 WIB di Kompleks Museum KAA – Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika No.65 Bandung.

Sebagaimana dilansir oleh ICOM, Hari Museum Internasional Tahun 2013 mengangkat tema “Museums (memory + creativity) = social change”. Dijelaskan bahwa kekayaan warisan, yang museum tampilkan dan lestarikan, sangat berkaitan erat dengan daya temu dan daya hidup, yang keduanya telah menjadi ciri khas museum dalam beberapa tahun terakhir dan sekaligus juga sebagai kekuatan terbesar museum.Selanjutnya, Direktur Jenderal ICOM, Julien Anfruns menegaskan bahwa sinergisitas antara misi pelestarian museum dan penggalian kreativitas sangat penting tidak hanya bagi upaya pembaharuan dan peningkatan jumlah kunjungan ke museum namun juga sebagai tahap evolusi yang diperlukan oleh museum dengan keyakinan bahwa kehadiran dan tindakan museum dapat mengubah masyarakat dengan cara yang konstruktif.

Night at the Museum KAA akan diawali dengan acara Bincang-bincang Sore bersama para komunitas dan volunteer Sahabat Museum KAA yang digelar pada Pkl. 19.00 WIB di Ruang Pamer Tetap Museum KAA. “Ini adalah kumpul bersama antara komunitas mitra dan relawan Museum KAA yang telah bekerja sama dan berkontribusi besar terhadap perkembangan Museum KAA. Di antara mereka juga hadir para rekan relawan yang berpartisipasi pada Peringatan 58 Tahun KAA 1955 di bulan April lalu” ujar Thomas di Bandung, Jumat (17/05/2013).

Lepas petang, Wisata Museum Malam Hari di Museum KAA dimulai. Masyarakat dapat memanfaatkan momen langka ini hingga pukul 21.00 WIB untuk mengunjungi dan merasakan atmosfir suasana mewah nan klasik di Kompleks Museum KAA – Gedung Merdeka.

Sementara itu, akan dipamerkan juga berbagai koleksi hasil Lomba Menggambar: Doa untuk Asia Afrika dan Lomba Poster: Museum Konperensi Asia Afrika. Sambil menikmati indahnya suasana klasik Braga Tempo Doeloe, pengunjung akan dimanjakan alunan musik dari berbagai penampilan musik di Selasar Timur Museum KAA.

Kegiatan ini ini terbuka untuk umum dan terselenggara dengan semangat kerja sama antara Museum Konperensi Asia Afrika dan Sahabat Museum Konperensi Asia Afrika (Sahabat Museum KAA) serta kalangan komunitas masyarakat lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

Thomas Ardian Siregar

(Kepala Museum Konferensi Asia-Afrika)

Jalan Asia-Afrika No.65, Bandung 40111

Telp.: (+62-22) 4233564 / Faks.: (+62-22) 4238031

Web: www.mkaa.or.id | www.asianafricanmuseum.org / E-mail: asianafrican.museum@gmail.com

Twitter: @AsiAfricaMuseum

Facebook: Friends of Museum of the Asian-African Conference

(as 17 May 2013)

Share