Warga Antusias Ikut Donor Darah di Peringatan KAA

112A6381Para pendonor sedang diambil darahnya di Ruang Burangrang Gedung Merdeka, Kamis (5/4/2018). Acara ini merupakan bagian dari rangkaian Peringatan 63 Tahun KAA. (Sumber Foto: MKAA)

BANDUNG, MUSEUM KAADalam rangkaian acara Peringatan 63 Tahun KAA, Kamis pagi (5/4) Museum KAA Kementerian Luar Negeri menggelar kegiatan donor darah di kompleks Museum KAA-Gedung Merdeka di bilangan Braga, Bandung. Sekira 108 orang dari sekitar Kota Bandung mengikuti acara itu.

Di antaranya adalah Kevin (17 tahun). Siswa SMA Negeri 7 Bandung di bilangan Lengkong Kecil ini antusias mengikuti acara donor darah. “Jujur saja ini perdana bagi saya ikut acara donor darah. Tapi, saya senang,” aku Kevin, Kamis (5/4) di Bandung.

Ternyata Kevin tak datang sendiri tapi juga ditemani oleh beberapa teman sekelasnya. Senada dengan Kevin, Dian dan Dinni berpendapat soal acara ini. Menurut dua siswa Kelas 12 itu, acara donor darah di Museum kAA adalah juga pengalaman perdana bagi keduanya.

Awalnya takut tapi setelah beres donor sekarang senang. Insya Allah kalau ada lagi nanti mau ikut donor darah di Museum KAA,” kata Dian yang mengaku sering berkunjung ke Museum KAA sebelumnya.

112A6413Kevin, Dian, dan Dinni sedang mendonorkan darahnya pada Kamis, (5/4) di Museum KAA. (Sumber Foto: MKAA)

Pendaftar Lebih Banyak

Kepala Museum KAA Meinarti Fauzie mengatakan, jumlah pendonor pada tahun ini paling banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. “Peserta yang mendaftar donor ada 108 namun yang lolos 80. Umumnya yang tidak lolos itu karena tidak memenuhi syarat. Misalnya soal berat badan, dan tekanan darah normal,” terangnya.

Selanjutnya ia menambahkan, acara donor darah itu rutin digelar dalam setiap rangkaian peringatan KAA. “Ini sudah yang kesembilan kalinya kami gelar,” terangnya. Ia melanjutkan, acara donor darah akan terus ada dalam peringatan KAA. Lantaran tujuan acara donor darah itu sesuai dengan salah satu pesan Semangat Bandung, yakni prinsip kesetiakawanan.

112A6392Warga asal sekitar Museum KAA mendaftarkan diri untuk mendonorkan darahnya pada Kamis, (5/4) di Museum KAA. (Sumber Foto: MKAA)

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Museum KAA dalam acara donor darah itu bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Kota Bandung. Pasalnya, menurut keterangan pihak PMI Kota Bandung kebutuhan darah cukup tinggi. Maka acara donor darah itu diharapkan dapat menjadi salah satu cara mendukung kebutuhan itu. Semoga dapat membantu kebutuhan darah terutama di Kota Bandung,” harapnya.

Menutup penjelasannya, ia mengatakan, acara donor darah itu menjadi awal dari rangkaian Peringatan 63 Tahun KAA. Rangkaian dari peringatan KAA ini masih akan berlangsung hingga Mei 2018. (Baca: Museum KAA Akan Gelar Peringatan 63 Tahun KAA)

Sumber: Museum KAA